Kehadiran Adalah Ungkapan Cinta yang Paling Tinggi

Selamat Memasuki Masa Advent.

KEHADIRAN ADALAH UNGKAPAN CINTA YANG PALING TINGGI

Waktu berjalan begitu cepat. Sekarang kita sedang berada dipenghujung tahun Liturgi Gereja dan sebentar lagi kita mulai memasuki masa Advent, masa persiapan Natal. Hari Minggu Advent yang pertama akan jatuh pada hari Minggu, 30 November 2014. Karena itu kita sekalian diajak untuk mulai mempersiapkan diri untuk memasuki masa Advent dengan penuh tobat, mati raga, pelayanan tulus dan iman yang kokoh akan kedatangan sang juru selamat Yesus Kristus, di hari Natal.

Seiring berjalannya waktu dan jaman yang berubah, terutama zaman modern yang penuh dengan tawaran dunia komersial, sekarang kebanyakan orang Kristen tidak lagi memperhatikan akan pentingnya masa Advent. Mata dan pikiran kita sudah langsung tertujuh kepada perayaan Natal dengan semua tawaran kegemerlapan yang selalu baru setiap tahunnya. Pelan pelan arti masa Advent (4 minggu) dirubah atau malah hilang dengan sendirinya dalam diam, ditelan waktu. Sejak bulan Oktober/pertengahan Musim Semi setiap tahunnya, orang mulai sibuk dengan persiapan Natal. Shoping centre sudah mulai dengan gemerlap dekorasi yang indah dan alunan lagu Natal yang sudah mulai membahana, bersenandung, sahut-menyahut laksana pantun dari satu sudut ke sudut yang lain, sebuah shoping centre.
Kata Advent sendiri berasal dari Bahasa Latin dari kata Adventus yang berarti KEDATANGAN (bukan penantian kan?).

Advent berarti kita semua umat Kristen dibawah kolong langit ini diajak untuk merenungkan kedatangan sang juru selamat yang akan menyelamatkan umat manusia. Sebuah kurun waktu dimana kita mengingat Yahwe yang setia, Allah yang tidak pernah ingkar janji dan selalu mendengarkan doa serta keluhan umatNya. Tuhan yang peduli akan nasip dan penderitaan Israel dan umat manusia.
Marilah kita mempersiapkan diri untuk memasuki masa Advent bukan dengan semangat “PENANTIAN” (apalagi dengan pasif) tetapi dengan semangat KEDATANGAN. Marilah kita tingkatkan semangat doa, mati raga, pelayanan tulus, tobat dan iman akan kedatangan sang Juru Selamat.

Kita diajak bukan saja menantikan kedatangan santa Klaus tetapi mendatangi dan hadir bagi yang menderita atau kesepian. Menjadi sebuah kartu Natal yang menghadirkan kata-kata dukungan bagi tetangga sekitar, keluarga dekat, teman-teman dan para sahabat, (yang mungkin sudah selama setahun hilang kontak dengan kita). Berkujunglah ke rumah sakit, panti jompo, penjara atau refugee center terdekat dengan rumah kita. After all, we may just doing one simple thing: coba mengingat cukup satu orang warga umat KKI yang mungkin sedang menderita sakit, kesepian, yang berusan kehilangan orang yang mereka cintai. Mereka semua sedang menantikan Advent/kedatangan kita di masa penuh rahmat ini.

Kedatangan/”kehadiran” adalah ungkapan cinta yang paling tinggi.

Teman-temanku semua, umat KKI Melbourne, selamat memasuki masa Advent.

Terima kasih
Pastor Boni Buahendri, SVD

Posted in Article